Hopkins Ingin Hapus Kekecewaan Brno dengan Gelar Juara

LOS ANGELES John Hopkins masih kecewa berat karena gagal melakoni balapan spesialnya di GP Brno, Rep. Ceska karena dibekap cedera. Pembalap Amerika Serikat ini pun memasang target menjuarai ajang British Superbike Championship, sebagai pelipur lara atas kekecewaannya di MotoGP.

Hopkins mendapat kesempatan langka, ketika ditunjuk Suzuki untuk menemani Alvaro Bautista pada balap di Ceska, medio Agustus lalu. Sempat tampil ciamik di hari pertama latihan, Hopkins mengalami nasib nahas di sesi latihan ketiga, Sabtu pagi. Dalam konsidi lintasan yang licin karena basah, Hopkins tak mampu mengendalikan motor GSV-R yang ditungganinya sehingga terjatuh.

Setelah mendapat pemeriksaan dari tim medis, Hopkins divonis tidak bisa mengikuti sesi kualifikasi maupun balapan, keesokan harinya. Hopkins mengalami cedera patah di tiga jari tangan kanannya, dan harus diterbangkan ke California untuk menjalani pengobatan.

Gagal tampil di Brno, jelas membuatnya kecewa. Pasalnya, sebagai pembalap British Super Bike, kesempatan untuk berpartisipasi di kelas MotoGP tidak didapatkannya setiap tahun. Untuk itu, dia pun bertekad mengubur kekecewaannya dengan menjuarai BSB, di mana dia tampil membela tim Samsung Crescent Suzuki.  Dengan mengantar Suzuki jadi jawara, Hopkins berharap bisa kembali mendapat kesempatan tampil di MotoGP.

“Bohong bila saya mengatakan tidak antusias untuk kembali turun lintasan dan membawa motivasi ekstra untuk memenangi kejuaraan (BSB). Apalagi, saya telah melakukan sesuatu yang idiot di Brno. Hal terbaik yang bisa saya lakukan untuk Suzuki adalah dengan menjuarai kompetisi,” tutur Hopkins sebagaimana dikutip MCN, Minggu (21/8/2011).

Saat ini, Hopkins diketahui masih menjalani pemulihan cedera dan dalam beberapa pekan ke depan baru bisa kembali turun lintasan. Sementara itu, pembalap yang sempat lama malang melintang di ajang MotoGP ini juga masih punya kans besar untuk bisa menjuarai British Superbike Championship. Saat ini, Hopkins masih nangkring di peringkat dua klasemen sementara dengan raihan 231 poin. (acf)