Khadafi Mengungsi ke Negara Arab?

KAIRO – Pemimpin Libya Moammar Khadafi dikabarkan pergi ke negara Arab untuk berlindung. Dirinya pun sudah mengirim pesan ke Mesir, Maroko, Tunisia dan Al Jazair, agar menerima keluarganya.
Seorang perwakilan dari Dewan Transisi Nasional (oposisi Libya) di Kairo Abdel Monem Al Houni menyatakan, Khadafi saat ini tengah mencari tempat berlindung bagi keluarganya karena Kota Tripoli sebentar lagi jatuh ke tangan oposisi.

Al Houni sebelumnya adalah kepala delegasi Libya untuk Liga Arab sebelum dirinya membangkang dan bergabung dalam fraksi oposisi Libya. Al Houni juga menyatakan, para oposisi Libya akan sampai di sekitar Kota Tripoli dalam beberapa jam.

“Rezim Khadafi dalam beberapa hari kedepan tidak akan dapat bernapas,” ujar Al Houni, seperti dikutip Deutsche Press, Jumat (19/8/2011).

Dalam beberapa pekan terakhir ini, pasukan oposisi Libya sudah menunjukkan kemajuannya dalam melakukan serangan ke pasukan Libya. Pimpinan oposisi Libya, Mustafa Abdul Jalil menyatakan, kemenangannya sudah didepan mata.

Pada Kamis kemarin, Pemerintah Libya juga sudah mendesak agar diadakannya gencatan senjata dan dialog, namun Khadafi tetap tidak mau turun dari kekuasaannya.

Khadafi pun dikabarkan sakit parah dan dirinya hendak pergi meninggalkan Libya untuk berobat. Tanpa Khadafi, pasukan Libya dapat saja kehilangan moral bertempurnya, begitu pula rakyat Libya.(rhs)