Mengejutkan! Rossi Bakal Pindah ke Honda

BRNO, KOMPAS.com,BIMZnews.com — Sebuah rumor mengejutkan bergulir menjelang GP Ceko pada akhir pekan ini. Pebalap Ducati, Valentino Rossi, dikabarkan akan pindah ke Honda pada MotoGP musim depan karena sudah frustrasi mengatasi performa buruk Desmosedici.

Mendengar berita miring tersebut, Rossi hanya bisa tertawa. “The Doctor” juga meledek pebalap Yamaha World Superbike, Marco Melandri, yang mengembuskan kabar bohong tersebut. Melandri mengatakan bahwa juara dunia sembilan kali balap motor tersebut sudah mengontak bos tim Honda, Fausto Gresini, tentang kemungkinan dirinya pindah ke HRC pada musim 2012.

Rossi, yang meninggalkan Honda pada akhir tahun 2003 untuk pindah ke tim pabrik Yamaha, membantah spekulasi yang muncul pada malam akhir pekan ini menjelang GP Ceko di Sirkuit Brno. Dia justru kaget ketika mengetahui kabar burung tersebut.

“Saya membaca, terutama tentang sesuatu dari manajer baruku, bahwa pebalap superbike Marco Melandri yang tahu dengan baik tentang keputusanku mengenai tahun depan. Akan lebih baik jika Anda berbicara kepadanya,” ujar Rossi, ketika ditanya apakah dirinya sudah mengetahui kabar tersebut.

Memang harus diakui, performa Rossi dalam debutnya bersama Ducati pada musim 2011 ini sangat buruk. Dari 10 seri yang sudah dilakoninya, pebalap berusia 32 tahun tersebut baru satu kali naik podium di Le Mans, itu pun karena dua pebalap di depannya mengalami kecelakaan. Padahal, Rossi digaet dengan harga mahal untuk memperbaiki kinerja tim yang bermarkas di Bologna tersebut.

Tak heran jika muncul kabar miring itu. Rossi ditengarai ingin mengakhiri mimpi buruknya bersama Ducati. Namun, juara dunia tujuh kali MotoGP ini menegaskan bahwa dirinya menghormati kontrak dengan Ducati sehingga tak ada alasan untuk hengkang.

“Selain dari lelucon tersebut, saya harus tegaskan bahwa tahun depan saya akan tetap membalap untuk Ducati. Itu tak perlu diragukan lagi. Saya sudah menandatangani kontrak sehingga situasinya 100 persen jelas dan tentu saja saya akan tetap bersama Ducati, jika Melandri setuju.”

Rossi saat ini berada di peringkat lima klasemen sementara dengan torehan 108 poin. Tetapi, performanya dalam tiga balapan terakhir tak terlalu memuaskan karena tidak pernah bisa lebih tinggi dari posisi enam. Dengan delapan seri tersisa, Rossi tertinggal 85 poin dari pebalap Repsol Honda, Casey Stoner, yang berada di puncak.