7 Kesalahan Populer Saat Eksis di Jejaring Sosial

BIMZnews.com – MESKIPUN sifatnya “online” dan Anda tidak bertatapan langsung, tak berarti Anda dapat bertindak semena-mena saat bercengkerama di situs jejaring sosial. Sebelum Anda dibuang dalam pertemanan karena dianggap pribadi yang tidak nyaman, hindari saja tujuh kesalahan ini.

Bergaul di dunia online membuat banyak penggunanya lupa diri. Ajang yang seharusnya menjadi lahan potensial dan nyaman untuk bersosialisasi seperti di jejaring sosial justru menjadi ruang yang tidak nyaman karena beberapa kesalahan yang Anda buat. Lantas, apa saja kesalahan yang kerap dilakukan para pengguna internet saat asyik berselancar di dunia maya tersebut? Times of India membeberkannya.

Jangan terlalu sering  “PING” atau “BUZZ”

Jangan membuatnya tampak seperti Anda sudah lelah seharian menunggunya muncul. Tapi jangan ragu pula untuk menjejalinya berbagai percakapan beberapa saat setelahnya. Kuncinya, sapalah teman-teman baru online Anda tersebut dengan momen yang pas dan frekuensi yang tidak berlebihan, sehingga pertemanan bisa terjalin dengan baik.

Jangan mengomentari update status orang lain setiap saat

Ya, situs jejaring memang dimaksudkan agar Anda tetap berhubungan dengan teman-teman Anda. Tapi, sebaiknya Anda tidak membuatnya tampak seperti Anda menghabiskan waktu setiap saat untuk mengamati “wall” orang lain.

Jangan mengirimkan permintaan pertemanan secara berulang-ulang

Jika seseorang telah mengabaikan request persahabatan yang Anda ajukan lebih dari sekali, sebaiknya jangan mengajukan kembali permintaan berikutnya. Jangan pula untuk mengingatkannya akan permintaan Anda yang tertunda tersebut. Kemungkinannya ketika berulang kali diacuhkan, mungkin Anda telah berada dalam daftar blokir pertemanannya.

Pikirkan masak-masak sebelum mengetik pesan

Mengetik pesan di media online seharusnya menjadikan Anda berpikir dua kali sebelum mempublikasikannya. Pikirkanlah tentang apa yang akan Anda katakan baik saat chatting ataupun meninggalkan pesan di “wall” seseorang.

Jangan mengomentari setiap gambar yang dia upload

Mengomentari satu atau gambar merupakan hal yang wajar. Tetapi ketika Anda selalu mengomentari apapun yang dia upload tentu hal ini akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Jangan mengganggu ketika ada dua orang yang sedang terlibat percakapan

Jika ada serangkaian pesan antara dua orang, janganlah mencoba bergabung dalam percakapan tersebut. Ketika ada dua orang yang sedang terlibat diskusi dengan pesan beruntun, maka mungkin dia tidak ingin ada komentar dari pihak ketiga.

Jangan mengirim permintaan pertemanan kepada sahabatnya

Jangan hanya karena Anda ingin memiliki banyak teman baru yang terlibat dengan orang tersebut, lantas Anda pun memaksakan diri untuk meminta bergabung dengan daftar teman-temannya. Jika dia tidak terbuka untuk menjadikan Anda teman online, maka hormatilah keputusannya.