Tiga Prodi Tak Populer di Perguruan Tinggi

PADANG, BIMZnews.com – Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) Musliar Kasim sekaligus Rektor Universitas Andalas (Unand), Padang, memaparkan, ada tiga prodi yang tak populer bagi mahasiswa yang masuk di perguruan tinggi.

“Prodi yang tidak populer itu adalah Peternakan dan Pertanian dari Fakultas Pertanian dan Peternakan, Prodi Sastra Daerah dan Prodi Sastra Indonesia dari Fakultas Sastra. Prodi ini sepi peminat karena dinilai peluang kerja yang tersedia sesuai dengan prodi tadi kecil,” ujarnya saat dihubungi okezone, Rabu  (29/6/2011), malam.

Pada ujian tulis SNMPTN 2010 lalu, ada empat prodi populer yaitu, Prodi Pendidikan Dokter (Fakultas Kedokteran), Prodi Sistem Informasi (Fakultas Ilmu Komputer), Prodi Teknik Tambang (Fakultas Teknik), serta Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen (Fakultas Ekonomi).

Mereka yang memiliki nilai tinggi pun sering tak lulus, karena memilih prodi dengan banyak pesaing. “Yang beruntung itu bagi nilai yang kurang kemudian mereka memilih prodi yang kurang populer. Untuk mengisi kursi yang masih kurang tersebut kita menyiapkan ujian regular,” imbuhnya.