Messi Kecil Berlatih di Sini

ROSARIO, KOMPAS.com, BIMZnews.comTak jauh dari Sungai Parana, Rosario, ada lapangan bola kecil yang tidak rata dan kurang terawat. Ini adalah markas tim anak-anak bernama Grandoli.

Klub  ini dijalankan oleh orangtua di lingkungan itu, yang sebagian besar, menurut BBC, adalah warga kelas pekerja. Di sinilah pemain terbaik dunia, Lionel Messi (23), memulai kariernya, pada usia lima tahun.

“Pemain sepak bola terbaik dunia mengawali kariernya di sini dan kostum pertamanya adalah kostum kami. Messi milik kota ini dan orang-orang memujanya,” ujar Ketua Grandoli David Tevez.

“Ketika ia dan keluarganya di sini, ia hanyalah salah satu dari kami. Mereka tak pernah melupakan kota kami. Saudara kandung Messi tinggal di sini dan orangtua Messi sering datang ke sini. Messi selalu datang saat liburan,” lanjutnya.

Messi adalah bagian dari sejarah panjang dan kesuksesan sepak bola Rosario. Sebelumnya, kota ini melahirkan Diego Maradona, Marcelo Bielsa, dan Gerardo Martino.

Ada banyak anak kecil sangat menggemari sepak bola di Rosario, termasuk Messi, yang bermimpi mengikuti jejak para legenda. Berbeda dari yang lain, Messi sudah sejak awal berada di jalur yang benar.

“Dalam waktu singkat, ia menarik perhatian penduduk sini,” kata Trevez sambil memamerkan ruang piala klub dan foto tim yang gambarnya tak lagi tajam, dengan Messi kecil tampak di dalamnya.

“Dia begitu berbeda dari yang lain. Ia akan merebut bola, melewati empat atau lima pemain, dan mencetak gol. Untuk anak seusianya, sangat sedikit yang bisa melakukan itu.”

“Orang mengatakan, Grandoli punya Maradona baru dan ketika ia (Messi) bermain, orang yang tidak terkait dengan klub ini akan datang. Seluruh warga akan menyaksikan pertandingan,” tuturnya.

Selain di lingkungan rumah, Messi juga dikenang di sekolahnya. Seorang guru sebuah sekolah dasar, yang pernah menjadi tempat belajar Messi, Diana Ferrato, mengatakan bahwa Messi adalah seorang pemalu. Namun, menurutnya, Messi menjadi orang yang berbeda jika sudah berada di lapangan.

“Ketika bermain, ia akan menunjukkan kemampuan bersepak bola yang menakjubkan. Ia merasa lebih nyaman di lapangan daripada di kelas,” ujar Diana.

Messi kini bukan saja menjadi pemain besar, tetapi juga kaya raya. Meski besar di lapangan sepak bola, Messi tak pernah melupakan sekolah dasarnya.

“Dia adalah pemain hebat dan orang yang baik juga,” kata seorang murid, Lara, yang berdiri di taman bermain baru, lengkap dengan meja-meja baru dan kursi, yang menurut BBC, pembangunannya dibiayai Messi.

“Jika aku bisa, aku akan bertanya apakah ia merindukan Rosario. Aku juga akan mengatakan, kami ingin melihat ia bermain di sini. Ia adalah contoh bagus bagi kami dan Rosario. Orang-orang selalu bertanya bagaimana rasanya bersekolah di tempat Messi pernah belajar,” sambungnya.

Ketika sudah terlalu besar untuk Grandoli, Messi berlatih di pusat latihan tim yunior Newell’s Old Boys. Dalam sepekan, Messi diantar orangtuanya beberapa kali untuk berlatih di sana.

Ketika pusat latihan tersebut mengalami krisis ekonomi, beberapa tahun lalu, Messi juga memberikan bantuan supaya tempat itu tidak sampai tutup. Pelatih tim yunior ini, Ernesto Vecchio, sudah 25 tahun melatih anak-anak dan Messi pernah di bawah bimbingannya selama empat tahun, sebelum pindah ke Barcelona pada 2000.

“Kekuatan besar Messi adalah keluarganya dan juga lingkungan Rosario. Perlu waktu menciptakan pemain baik. Anda melihat bakat besar di sini, tetapi kesuksesan bergantung kepada siapa yang menjaga anak-anak ini. Karakter masayarakat tempat Anda tinggal bi