Pemandangan ke Gunung Alpen sudah ada yang punya

KOMPAS.com, BIMZnews.com  – Memandang indahnya Alpen dari puncak-puncak gunung cuma cerita mahal. Soalnya, dua puncak gunung di kawasan itu sudah dibanderol oleh perusahaan pengembang miliki pemerintah federal Austria, Bundesimmobiliengesellschaft, 121.000 euro. Sampai kini, seturut warta AP dan AFP pada Sabtu (11/6/2011), sudah ada 20 calon pembeli untuk dua puncak gunung dimaksud.

Oh iya, dua puncak yang ditawarkan itu namanya Grosse Kinigat dan Rosskopf. Letaknya, pada ketinggian 2.600 meter di Tyrol timur. Bagaimanapun para calon pembeli sudah diingatkan tidak boleh membuat pagar di sekitar kedua puncak maupun menutup hak orang berjalan di sana.

Di sisi lain, para penduduk setempat tidak mendukung penjualan kedua puncak yang juga merupakan lokasi peringatan Perang Dunia I “Menjadi misteri bagi saya kenapa mereka ingin menjual puncak-puncak tersebut saat ini,” kata Wali Kota Kartitsch, Josef Ausserlechner.

“Di Yunani mereka menjual pulau. Di Austria, gunung,” kritik Ausserlechner.

Para calon pembeli diberi waktu hingga  8 Juli untuk mengajukan penawaran. Sejauh ini sudah tercatat 20 calon pembeli, seperti dilaporkan koran setempat, Kleine Zeitung.